Bab 5

Hubungan Sesama Makhluk Hidup dan Antara Makhluk Hidup dengan Lingkungannya.

A. Hubungan Antar Makhluk Hidup

Dalam suatu lingkungan ada berbagai macam hubungan antar makhluk hidup, antara lain :

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contohnya hubungan burung jalak dengan kerbau. Burung jalak memakan kutu di punggung kerbau. Jadi, burung jalak dan kerbau sama – sama mendapat keuntungan. Burung jalak mendapatkan makanan dari kerbau dan kerbau punggungnya terbebas dari kutu.

Gambar burung jalak dengan kerbau :

kerbau dan jalak

2. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang salahsatunya dirugikan. Contohnya benalu dengan pohon mangga. benalu mendapatkan keuntungan dengan cara menghisap bahan makanan dari pohon mangga. Sedangkan pohon mangganya dirugikan karena makanannya diambil.

Gambar pohon mangga dan benalu :

benalu-belimbing-copy

3. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang salahsatunya diuntungkan dan yang lainnya tidak diuntungkan atau tidak dirugikan.

Contohnya ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora memakan sisa makanan dari ikan hiu dan ikan hiu tidak merasa dirugikan.

Gambar ikan hiu dengan ikan remora :

Shark-and-Remora

B. Hubungan Antara Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Suatu jenis burung yang buas memangsa ulat di pohon, secara tidak langsung burung tersebut membantu tumbuhan. Karena dengan dimakannya ulat, maka daun pohon tidak dimakan oleh ulat. Dengan demikian, secara tidak langsung antara burung dengan tumbuhan terdapat bentuk saling ketergantungan.

Gambar ulat memakan daun, dan burung memakan ulat :

MonarchCaterpillarbirdwithworm

C. Rantai Makanan

Hubungan saling ketergantungan antar makhluk hidup dapat berupa hubungan makan atau dimakan. Hubungan ini akan membentuk rantai makanan. Contohnya rumput dimakan oleh belalang, belalang dimakan oleh katak, katak dimakan oleh ular, dan ular mati dan membusuk, akan menjadi humus yang menyuburkan tanah, sehingga rumput akan tumbuh subur. Belalang memakan rumput maka disebut konsumen tingkat I, katak makan belalang maka disebut konsumen tingkat II, ular memakan katak maka disebut konsumen tingkat III.

Gambar rantai makanan :

rantai makanan

D. Ketergantungan Manusia Terhadap Hewan dan Tumbuhan

Kehidupan manusia tidak terlepas dari hewan dan tumbuhan. Manusia butuh makanan, dan makanan berasal dari hewan dan tumbuhan. Contoh makanan yang biasa kita makan setiap hari adalah nasi, ayam goreng dan sayuran. Nasi dan sayuran berasal dari tumbuhan, dan ayam goreng berasal dari hewan.

Gambar nasi, ayam goreng dan sayuran :

dsc_1527

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s